Frequently Asked Questions (FAQ)



Dosen tetap non Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disingkat menjadi dosen tetap non PNS pada Politeknik Kelautan dan Perikanan dan Akademi Perikanan dan Kelautan adalah dosen yang bekerja penuh waktu

Pengangkatan dan penempatan dosen tetap non PNS dilakukan berdasarkan perjanjian kerja minimal 5 tahun sesuai dengan peraturan perundang-undangan

Dosen tetap non PNS diangkat dalam jenjang jabatan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, dan dapat diangkat dalam pangkat/golongan sesuai atau setara dengan jenjang pangkat/golongan dosen PNS

Dosen tetap non PNS berhak mendapatkan gaji sesuai dengan tingkat pendidikan/setara golongan III b untuk S2 dan setara golongan III c untuk S3, serta tunjangan kelas jabatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku disesuaikan dengan Standar Biaya Masukan Lainnya yang berlaku untuk dosen tetap non PNS di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Politeknik Kelautan dan Perikanan adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang kelautan dan perikanan jenjang Diploma III (D III)

Lokasi Politeknik Kelautan dan Perikanan adalah di Pangandaran (Prov. Jawa Barat), Jembrana (Prov. Bali) dan Dumai (Prov. Riau).

Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang kelautan dan perikanan jenjang Diploma I (D I)

Lokasi Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan adalah di Wakatobi (Prov. Sulawesi Tenggara)

Pendidikan Vokasi adalah pendidikan tinggi yang mempersiapkan Taruna untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan ilmu di bidang kelautan dan perikanan.

Taruna adalah mereka yang terdaftar sebagai peserta didik di Politeknik KP/Akademi Komunitas KP